Cara Menambah Berat Badan Secara Tepat dan Sehat

Cara Menambah Berat Badan
Cara Menambah Berat Badan Secara Tepat - Tips berikut tidak hanya untuk wanita, tetapi untuk pria juga. Kali ini akan menjelaskan bagaimana anda mendapatkan berat badan yang ideal dengan menyesuaikan tinggi badan, umur dan jenis kelamin dengan kalori yang di butuhkan.

Ini kebalikan dari diet, sebagian orang ingin badannya langsing. Tetapi jika terlalu langsing, itu juga menjadi masalah dan ingin badannya agak berisi. Itu tidak salah, semua orang ingin tampil lebih menarik, tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus. Berat badan berhubungan dengan jumlah kalori dalam tubuh. Untuk yang ingin menambah berat badannya, harus menyesuaikan jumlah kalori yang dibutuhkan. Dan cara menghitungnya akan dijelaskan di tips kali ini.

Berikut Aturan Cara Menambah Berat Badan

Sebenarnya cara menambah berat badan sama halnya dengan diet. Ada ukurannya, agar tidak berlebih dan berakibat kegemukan. Berikut langkah-langkah menambah berat badan dengan cara yang sehat

Langkah 1 : Hitung Jumlah Kalori yang dibutuhkan
Yang pertama adalah anda harus menghitung banyaknya kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badan. Caranya mudah, yaitu dengan Resting Metabolic Rate (RMR) anda. Lihat rumus penghitungan RMR anda berikut ini:

Untuk Wanita -> RMR = (10 x W) + (6.25 x H) - (5 x A) - 161

Untuk Pria -> RMR = (10 x W) + (6.25 x H) - (5 x A) + 5

Keterangan:
W = Jumlah berat badan dalam Kilogram(kg)
H = Tinggi badan dalam Sentimeter(cm)
A = Umur (tahun)

Langkah 2 : Menentukan jumlah kalori yang dikonsumsi
Yang ke dua ini mungkin anda akan menganggapnya sulit. Jadi misalkan kalori yang di butuhkan 500 kalori, itu adalah yang harus terpenuhi dan tidak terkurangi. Maksudnya terkurangi yaitu terbakar saat anda beraktifitas atau berolahraga. Untuk mengetahui lebih jelas jumlah kalori yang terbakar anda bisa mencari di google Estimasi Kalori Olahraga dan untuk melihat jumlah kalori dalam makanan bisa lihat Tabel Kalori. Ini memang agak rumit, tapi sangat berguna untuk mendapat hasil terbaik dan yang jelas lebih sehat.

Langkah 3 : Makanan dan Camilan
Usahakan makan tepat waktu dan selalu 3 kali sehari, dengan 2 - 3 camilan besar berkalori setiap hari. Minumlah susu dan jus buah-buahan untuk menambah kalori ekstra, serta makanan bergisi dan berkalori tinggi. Perbanyak juga kosumsi sayuran dan buah-buahan segar. Ini sebenarnya cara menambah berat badan sebagian banyak orang, tanpa mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan.

Langkah 4 : Hindari kalori kosong dan Makanan tidak sehat
Sebagian orang beranggapan kalau terlalu sering makan cemilan atau makanan ringan seperti snack akan membuat gemuk. Itu mungkin bisa saja terjadi, namun hal itu sebenarnya tidak sehat. Karena Lemak Trans yang terkandung dalam makanan ringan dan makanan olahan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Jadi, sebenarnya lebih sulit untuk menjadi gemuk dari pada menjadi kurus. Itulah tadi Cara Menambah Berat Badan Yang Tepat dan Sehat. Semoga bermanfaat...
Cara Menambah Berat Badan Secara Tepat dan Sehat

Posting Komentar

go top