5 Tips Melindungi Kulit Untuk Tetap Cantik

Merawat dan melindungi kulit agar tidak kering, berminyak dan kusam adalah salah satu hal yang harus dilakukan. Tidak hanya untuk tetap tampil cantik, akan tetapi juga untuk menjaga dari penyakit kulit. Perawatan kulit tidak perlu rumit atau terlalu banyak makan waktu.


Tips berikut ini adalah untuk menjaga agar kulit anda tetap segar, sehat dan terlindung dari sakit kulit yang merusak penampilan anda.

1. Batasi Sinar Matahari Langsung
Pasti anda sering mendengar kalimat jangan terlalu lama terkena sinar matahari siang. Apa alasannya? Sinar matahri di siang hari memancarkan sinar ultraviolet atau kita sering mendengar UVA/UVB. Sebuah sumber mengatakan bahwa sinar ultraviolet dapat merusak kulit, menimbulkan bintik kulit, keriput dan membakar kulit.

Menggunakan produk pelindung kulit menjadi alternatif untuk anda yang beraktifitas di bawah sinar matahari. Atau mengenakan pakaian lengan panjang untuk menjaga kulit. Perlu anda tahu, berjemur dipantai di siang hari juga hal yang kurang baik. Sinar matahari tetap bersama sinar ultraviolet.

2. Menjaga Kelembaban Kulit
Menjaga kulit tetap lembab merupakan hal penting dalam perlindungan kulit. Dehidrasi kulit dapat berakibat kulit menjadi kendur, pecah-pecah, bersisik bahkan terkelupas. Lalu apa yang harus kita lakukan agar kulit tetap lembab?
  • Perbanyak minum air putih, sangat baik untuk menjaga dehidrasi.
  • Gunakan krim pelembab sesuai jenis kulit. Dan melakukannya setelah kering sehabis mandi. Hindari produk yang mengandung sodium lauryl sulfate, karena bahan ini menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit anda.

3. Peringatan Kesehatan
Anda mungkin tahu, panu adalah salah satu penyakit kulit yang menular. Penularan penyakit kulit bisa melalui berbagai macam jalan. Bersentuhan, penggunaan barang atau lainnya. Untuk itu :
  • Jangan berbagi barang seperti lipstik atau sikat gigi.
  • Jangan berbagi minum dengan orang lain.
  • Hindari menyentuh wajah menggunakan jari atau telepon yang telah digunakan oleh orang lain.
Hal itu bukan mengajari kita untuk pelit. Akan tetapi lebih mengutamakan kesehatan. Hal itu mungkin untuk orang yang belum lama anda  mengenalnya.

4. Merawat Kulit dengan benar
Mencuci muka secara rutin dapat membersihkan kotoran, minyak, kuman dan sel kulit mati. Namun tidak baik jika dilakukan terlalu sering. Menggosok kulit terlalu sering dapat mengakibatkan iritasi. Lalu bagaimana yang baik?
  • Cuci muka dua kali sehari dengan air hangat dan pelembab ringan.
  • Pijat wajah dengan lembut dengan kain, lakukan gerakan melingkar.
  • Bilas sampai bersih untuk menghilangkan bekas sabun yang mungkin tadi anda pakai untuk mencuci muka.
  • Keringkan kulit, ingat jangan menggosoknya. Lalu baru gunakan pelembab.
5. Kenali Jenis Kulit Anda
Ini harus anda lakukan, apalagi untuk anda yang sering menggunakan make up saat bekerja. Mengetahui jenis kulit berguna untuk anda untuk melakukan perawatan yang benar. Hal ini juga untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan produk yang bisa berakibat merusak kulit.

Pergilah ke ahli kulit untuk mengetahui jenis kulit yang anda miliki. Anda akan lebih mudah merawat kulit anda untuk tetap cantik, sehat dan segar.
5 Tips Melindungi Kulit Untuk Tetap Cantik

Posting Komentar

go top