Cara Merawat Rambut Kering dan Kusut

Cara Merawat Rambut Kering
Cara merawat rambut kering - bagaimana perawatannya? Mari kita bahas tentang perawatan untuk rambut kering. Anda harus tahu bahwa rambut kering disebabkan karena beberapa faktor, seperti sinar matahari, terlalu sering mencatok rambut, pengiritingan,  jarang keramas atau terlalu sering bahkan mungkin karena penyakit tertentu. Untuk itu kita harus melakukan perawatan yang tepat untuk masalah rambut kering.

Berikut tips cara merawat rambut kering yang tepat untuk anda:
  1. Penggunaan Shampoo: Untuk rambut kering, anda harus benar dalam memilih shampoo, gunakan shampoo yang membuat rambut anda lembab dan terus mempertahankannya. Gunakan Shampoo dengan kandungan pH rendah.
  2. Kondisioner: Kondisioner yang digunakan juga harus mengandung pH yang rendah. Untuk rambut kering, Anda harus menggunakan perawatan Deep Conditioning setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. Atau jika anda tidak mampu ada alternatif lain, yaitu dengan mengambil sedikit kondisioner kemudian panaskan selama 15 detik sebelum anda mandi. Itu akan merubah kondisioner menjadi Deep Conditioning.
  3. Mencuci Rambut: Jangan terlalu sering keramas/mencuci rambut anda. Hal itu justru akan membuat rambut anda kering. Dua kali dalam sehari sudah cukup, yang penting anda rajin menggunakan pelembab dan kondisioner.

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Bahan Alami

Menggunakan bahan alami juga bisa untuk merawat rambut kering. Berikut beberapa bahan alami untuk merawat rambut kering.
  1. Alpukat: Selain bermanfaat untuk kulit, alpukat juga bisa digunakan untuk rambut. Alpukat mampu memberi nutrisi untuk rambut menjaganya tetap lembab. Cara penggunaannya pun hampir sama untuk kulit, yaitu ambil buah alpukat. Pisahkan antara daging dan kulitnya. Ambil dagingnya, lalu haluskan, bisa menggunakan blender atau sendok. Setelah itu oleskan di kulit kepala secara merata. Diamkan beberapa menit, antara 15-20 menit. Kemudian baru anda bilas menggunakan air hangat.
  2. Minyak Kelapa: Ini adalah cara orang-orang dahulu. Dan ini sebenarnya adalah rahasia untuk membuat rambut anda tetap hitam sampai tua. Penggunaanya seperti minyak rambut, yaitu dioleskan di rambut. Anda bisa menggunakannya saat dirumah atau sedang tidak kemana-mana. Untuk membuat minyak kelapa sendiri cukup mudah. Ambil daging kelapa, lalu parut. Atau anda bisa menggunakan ampas dari kelapa yang telah diambil santannya. Kemudian sangrai parutan kelapa tadi sampai keluar minyaknya.
  3. Jeruk Nipis: Cara merawat rambut kering dengan Lemon atau jeruk nipis bisa anda lakukan dengan cara peras jeruk nipis lalu campurkan sedikit madu. Untuk takarannya sekitar 2:1, 2 sendok air lemon dan 1 sendok madu. Setelah itu, gunakan campuran dua bahan tadi untuk dioleskan keseluruh rambut dari akar sampai ujung. Diamkan sekitar 30 menit dan jangan lupa tutup rambut dengan kain/handuk hangat. Terakhir bilas dengan air hingga bersih.
Selain itu ada beberapa hal yang harus dihindari selama merawat rambut kering. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang lebih buruk pada rambut. Dan berikut hal yang harus dihindari:
  • Jangan mengikat rambut saat tidur dan berkeringat: Sebaiknya anda tidak mengikat rambut saat tidur. Karena rambut juga bernafas, jadi biarkan rambut terurai bebas. Begitupun saat anda berkeringat.
  • Hentikan sementara perawatan rambut disalon: Perawatan rambut disalon biasanya menggunakan hair dryer, pemanas atau lainnya. Sebenarnya itu kurang baik untuk rambut. Jadi, jika rambut anda kering hentikan sementara.
  • Jangan menggaruk kepala saat keramas: Sebenarnya tidak hanya saat berkeramas, tapi memang sebaiknya kita tidak menggaruk kepala. Menggaruk kepala bisa merusak kulit dan membuatnya iritasi, sehingga kita akan kehilangan kelembaban alami dari kulit kepala karena iritasi tersebut.
Demikian tadi tips cara merawat rambut kering dan kusut. Semoga bisa membantu masalah anda. Selamatkan rambut anda sebelum terjadi hal yang lebih buruk. Terima kasih telah membaca Cara Untuk Merawat Rambut Kering dan Kusut.
Cara Merawat Rambut Kering dan Kusut

Posting Komentar

go top