8 Cara Mencegah Jerawat Kembali Lagi

Cara Mencegah Jerawat
Cara Mencegah Jerawat - Setiap orang pasti pernah merasakan jerawat. Biasanya jerawat pertama muncul saat awal memasuki masa pubertas pertama. Itu adalah periode dimana aktifitas hormon sedang meningkat. Sebenarnya tidak masalah jika kemudian muncul jerawat, asal kita obati pasti akan hilang.

Dan yang jadi masalah jika jerawat selalu timbul lagi. Bagaimana cara mencegah jerawat agar tidak kembali lagi. Nahh, tip kali ini akan membahasnya untuk anda. Beberapa perawatan untuk mencegah timbulnya jerawat kembali. Apa saja yang bisa dilakukan? Berikut akan di bahas penjelasannya.

8 Cara Mencegah Jerawat Kembali Lagi

1. Jaga Kebersihan Kulit
Inilah langkah cara mencegah jerawat yang utama, yaitu menjaga kebersihan kulit. Rajin mencuci muka dua kali sehari untuk membersihkan kotoran, sel kulit mati dan minyak ekstra yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Dan perlu diingat, rajin mencuci muka bukan berarti sering, cukup dua kali sehari tidak lebih. Karena terlalu sering mencuci muka tidak baik untuk kesehatan kulit, yaitu akan megambil minyak alami kulit.

Gunakan air hangat untuk pembersih ringan. Jangan gunakan sabun sebagai pembersih muka, gunakanlah pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit. Juga jangan menggosok kulit dengan sesuatu yang kasar, hal itu bisa saja merusak kulit apalagi untuk kulit yang sensitif. Pilihlah handuk yang lembut untuk mengeringkan kulit.

2. Pelembab
Selalu jaga kelembaban kulit, jangan sampai kering bahkan berminyak. Minum air putih sesuai kebutuhan akan menjaga kelembaban kulit. Atau menggunakan pelembab alami seperti lidah buaya, minyak zaitun. madu dan lainnya. al ini untuk mencegah jerawat karena kulit berminyak atau pori-pori terbuka karena kulit kering.

3. Make-up Minimalis
Jika anda dalam keadaan santai, sementara jangan memakai foundation, bedak, blush on, atau kalau bisa biarkan natural. Jangan lupa selalu membersihkan sisa make up saat menjelang tidur. Jika memungkinkan, pilihlah kosmetik yang bebas kandungan minyak, tanpa pewarna tambahah dan bahan kimia berlebih.

4. Yang di pakai rambut 
Salah satu cara mencegah jerawat yaitu dengan berhati-hati dalam penggunaan minyak rambut, jel atau lainnya yang di gunakan untuk rambut agar tidak sampai ke wajah. Hal yang ditakutkan adalah jika kulit anda sensitif dengan apa yang terkandung dalam jel atau minyak rambut yang digunakan bisa berkibat iritasi atau mungkin jerawat.

5. Jauhkan Tangan dari Wajah
Tanpa kita sadari tangan bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat atau iritasi pada kulit yang sudah meradang, yaitu karena bakteri yang menempel ditangan. Oleh karena itu, perhatikan kebersihan tangan saat anda akan memegang wajah.

6. Hindari Sinar Matahari
Untuk yang ini mungkin sering di bahas. Tentang UVA/UVB yang bisa merusak kulit, membakar kulit, bahakan kanker kulit. Menghindari sinar matahari antara pukul 10:00 - 14:00 atau menggunakan pelindung saat berada di bawahnya dengan memakai pakaian yang lebih tertutup atau menggunakan sunblock.

7. Makanan
Sebagian orang berpendapat bahwa Cokelat bisa menjadi penyebab jerawat. Padahal menurut beberapa ali dan peneliti hal ini belum terbukti demikian. Namun, makanan berminyak dan junk food ini yang membuat resiko timbulnya jerawat. Oleh karenanya, disarankan untuk lebih memperbanyak konsumsi buah, sayur dan biji-bijian sebagai salah satu cara mencegah jerawat timbul kembali.

8. Stress
Mitos bahwa stres bisa memicu timbulnya jerawat mungkin bisa menjadi masuk akal. Stres adalah kondisi dimana otak sedang kacau, sehingga akan mengganggu sistem kerja tubuh yang lainnya. Cari tahu apa yang menyebabkan stres dan selesaikan secepat mungkin, jangan hanya memikirkannya tanpa tindakan.

Selalu menjaga pola makan itu merupakan hal yang terpenting. Sekian sedikit tip tentang Cara Mencegah Jerawat agar tidak kembali lagi dari Liss. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat...
8 Cara Mencegah Jerawat Kembali Lagi

Posting Komentar

go top