Cara Mengatasi Jerawat Untuk Tetap Cantik

Cara Mengatasi Jerawat
Cara Mengatasi Jerawat - Masalah kulit yang biasanya timbul pada masa puber. Kenapa, karena pada saat itu hormon dalam tubuh mengalami perkembangan. Ketidakseimbangan hormon tersebut mempengaruhi produksi kelenjar minyak yang kemudian berakibat jerawat.

Jerawat dipengaruhi kelenjar minyak kulit yang tersumbat dalam pori. Untuk pori yang terbuka biasanya akan timbul jerawat dengan warna hitam di ujungnya, sedangkan tersumbat karena pori tertutup biasanya akan berupa benjolan putih kecil yang kita kenal dengan komedo. Sedangkan untuk jerawat yang merah, itu terjadi karena peraadangan. Jadi harus hati-hati, karena jerawat yang meradang bisa merusak kulit jika tidak tahu cara penyembuhannya.

Cara Mengatasi Jerawat

1. Pembersihan dan Pengelupasan
Beberapa sumber berpendapat bahwa jerawat timbul karena tidak rajin mencuci muka. Akibatnya kulit menjadi kotor dan jerawat akan sangat mudah berkembang. Tapi ini tidak berarti anda harus sering mencuci muka. Jika terlalu sering juga tidak baik, karena akan mengiritasi kulit. Dua kali sehari sudah cukup untuk menjaga kulit tetap bersih.

Beberapa pembersih bisa anda gunakan untuk mencuci muka, seperti Cetaphil, pembersih jerawat Aveeno Bar, Neutrogena pembersih jerawat atau Benzoil perodsida. Tapi akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan Dermatologis, untuk jenis produk yang cocok untuk digunakan.

Pengelupasan, yaitu pengangkatan sel kulit mati di kulit. Ini juga kalau bisa harus anda lakukan, gunakan Facial Scrub minimal 2-3 kali dalam seminggu. Hal ini untuk membantu mengurangi sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori.

2. Tetap Menjaganya dari Minyak
Cara mengatasi jerawat agar tidak selalu timbul atau semakin parah yaitu dengan menjaga kulit agar tidak berminyak. Jika anda menyukai penggunaan kosmetik, lotion atau tabir surya (sunblock), sebaiknya gunakan yang bebas kandungan minyak.Tapi jika kulit anda tipe kering, mungkin bisa menggunakan lotion bebas minyak seperti Complex 15.

Untuk anda yang sering menggunakan tabir surya, ada Neutrogena atau Coppertone sunblock bebas minyak. Selain itu, perhatikan juga penggunaan produk untuk rambut. Kebanyakan produk-produk tersebut mengandung minyak yang tinggi. Perhatikan saat akan membeli produk kecantikan, lihatlah yang berlabel "noncomedogenic" yang artinya produk tidak menyumbat pori.

3. Pengobatan
Untuk pengobatan mungkin setiap orang berbeda, ada sebagian yang lebih nyaman mengatasi jerawat dengan bahan alami. Tapi ada juga yang lebih suka menggunakan produk penghilang jerawat untuk yang lebih instan dan praktis. Namun, perlu diketahui juga bahwa setiap pengobatan mempunyai kekurangan dan kelebihan. Untuk anda yang lebih suka menggunakan produk epnghilagn jerawat, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Dan untuk anda yang lebih suka dengan perawatan alami atau tradisional, anda harus sedikit repot untuk melakukannya. Tapi hasilnya tidak kalah dengan yang non-alami, asalkan anda rutin melakukannya. Beberapa tips cara mengatasi jerawat sudah pernah di tulis disini. Coba lihat label Jerawat, atau mungkin lihat bagian bawah tulisan ini di Related Post. Mungkin itu bisa menjadi alternatif.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi jerawat. Semoga bisa sedikit membantu masalah anda menganai jerawat. Silahkan baca tips-tips kecantikan dan cara perawatan kulit yang telah kami sediakan disini. Semoga bermanfaat, sekian.
Cara Mengatasi Jerawat Untuk Tetap Cantik

Posting Komentar

go top